Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Batuk kering adalah jenis batuk yang tidak menghasilkan lendir atau dahak. Penyebab batuk kering ini dapat diakibatkan oleh berbagai kondisi, seperti asma hingga alergi.

Batuk kering bisa disebabkan oleh banyak hal dan hampir semuanya adalah gangguan kesehatan. Kalau Anda sering mengalami batuk kering dan terlihat tidak normal, kemungkinan besar masalah di bawah ini menjadi penyebabnya.

1. Asma

Penyebab batuk kering yang pertama adalah asma. Orang yang mengalami asma akan mudah mengalami batuk dan sesak napas. Saat tubuh mengalami masalah seperti terkena alergen, peradangan di saluran pernapasan akan berkembang dengan cepat. Dampaknya, saluran pernapasan akan susah terbuka sehingga proses masuknya oksigen ke dalam tubuh terhambat.

Orang yang mengalami serangan asma biasanya menghasilkan dahak dari batuk yang dialami. Namun, batuk kering juga sering dialami dan memberikan perasaan tidak nyaman sehingga penanganan yang benar harus segera dilakukan.

Penanganan asma dilakukan dalam beberapa jenis. Pertama penanganan untuk mengatasi serangan asma yang mendadak akibat alergen. Selanjutnya, memelihara saluran napas dengan baik melalui penggunaan obat batuk kering jangka panjang dan mencegah tubuh melakukan kontak dengan alergen.

2. Postnasal Drip

Dahak dan ingus kadang yang turun tenggorokan dapat menyebabkan batuk berdahak. Namun, ada kalanya kondisi ini menjadi penyebab batuk kering. Ini dapat terjadi karena infeksi sinus atau alergi hidung.

Gejala lain dari postnasal drip termasuk hidung meler, sakit tenggorokan, kesulitan menelan, dan batuk di malam hari.

Pilihan cara mengobati batuk kering yang disebabkan postnasal drip termasuk dekongestan, semprotan hidung, dan cairan saline khusus hidung.

3. Kanker Paru-Paru

Kalau seseorang mengalami kanker paru-paru, kemungkinan besar akan mudah mengalami batuk kering. Batuk bisa terjadi kapan saja, bahkan saat tidur di malam hari. Batuk kering bahkan bisa disertai sedikit darah. Saat mengalami batuk, dada akan terasa sangat nyeri seperti ada yang menekan dengan kuat.

Tanda lain dari kanker paru yang menyebabkan masalah di saluran napas, seperti sesak napas, mengi, suara serak. Tubuh juga akan mengalami penurunan berat badan yang signifikan dan rasa lelah yang berlebihan.

Penanganan kanker harus disesuaikan dengan tipe dan stadiumnya. Biasanya penanganan yang bisa dilakukan adalah operasi, kemoterapi, dan terapi radiasi. Selanjutnya penggunaan obat batuk kering tertentu juga harus dilakukan.

4. Infeksi Saluran Pernapasan Atas

Infeksi saluran pernapasan atas seperti pilek dan flu biasa dapat menyebabkan batuk akut. Batuk seringkali menghasilkan dahak tetapi juga bisa menjadi batuk kering ketika seseorang sembuh dari infeksi.

Gejala lain infeksi saluran pernapasan termasuk demam, nyeri otot, hidung meler, dan sakit tenggorokan.

Cara mengobati batuk kering sekaligus mengatasi penyebabnya, yakni dengan banyak minum, istirahat, dan minum obat tanpa resep untuk meredakan sakit dan demam. Dokter mungkin dapat meresepkan obat antivirus untuk kondisi yang disertai flu.

Baca juga : Gejala Virus Corona Pada Anak

5. Alergi

Hay fever adalah alergi terhadap rumput dan serbuk sari yang dapat menyebabkan iritasi pada mata, hidung, dan ketika tenggorokan terkena, batuk kering terjadi.

Sensitivitas terhadap partikel lain seperti bulu binatang atau debu, secara kolektif dikenal sebagai rinitis alergi, juga dapat menjadi penyebab batuk kering. Batuk akibat masalah ini sering kali lebih persisten, terutama jika alergennya selalu ada di dekatnya.

6. Merokok

walaupun batuk perokok biasanya berupa chesty, ini mungkin dimulai sebagai batuk kering dan secara bertahap berkembang menjadi batuk chesty yang lebih kronis karena dada Anda menjadi lebih padat. Ketika non-perokok pada awalnya terpapar asap rokok (misalnya ketika memasuki ruangan berasap) mereka akan secara alami hadir dengan batuk kering.

7. Polusi

Begitu banyak hal di udara yang dapat mengiritasi saluran pernapasan, seperti asap kendaraan, debu, jamur, dan serbuk sari. Partikel kimia, seperti sulfur dioksida atau oksida nitrat, juga dapat menyebabkan masalah pernapasan. Bahkan udara bersih yang terlalu kering atau terlalu dingin dapat menjadi penyebab batuk kering bagi sebagian orang.

Jika memasuki musim kemarau, gunakanlah pelembap udara (seperti humidifier) untuk menambah kelembapan udara di rumah.

source : doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Apotek Pulowatu support by PT. PMI

Telepon Kami       (0274) 896 014