Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Batuk merupakan sebuah kondisi kesehatan yang tidak memandang usia. Semua orang dapat mengalaminya. Untuk mengetahui penyebab batuk, biasanya Anda perlu mengetahui dahulu jenis batuk yang dialami. Batuk berdahak merupakan salah satu jenisnya. Saat batuk berdahak, aktivitas sehari-hari kemungkinan besar akan terganggu. Oleh karena itu, Anda perlu tahu cara cepat mengatasi batuk berdahak.

Penyebab batuk berdahak seringkali terjadi karena infeksi yang disebabkan oleh mikro-organisme seperti bakteri atau virus. Sistem pernapasan Anda dilapisi oleh lendir yang bermanfaat untuk menjaga saluran udara tetap lembap dan melindungi paru-paru dari iritasi.

Ketika tubuh melawan sebuah infeksi, produksi lendir jadi meningkat atau lebih banyak dari biasanya. Lendir atau dahak ini berperan sebagai penyaring organisme yang dapat menyebabkan infeksi. Saat batuk berdahak, lendir yang berlebih tersebut ikut keluar. Hal tersebutlah yang menyebabkan Anda batuk berdahak.

Selain itu, batuk dapat menjadi pertanda atau gejala penyakit lain. Beberapa penyebab batuk berdahak lainnya adalah:

  • Bronkitis
  • Pneumonia
  • Merokok
  • Asma

Bergantung pada penyebabnya, Anda juga dapat mengalami batuk disertai dengan gejala seperti:

  • Sesak napas
  • Demam
  • Gejala pilek dan flu
  • Nyeri dada

Cara mengatasi batuk berdahak

Selain mengganggu aktivitas atau rutinitas Anda, batuk akan terasa lebih parah saat malam hari, terutama batuk yang disertai dahak atau lendir. Hal ini dikarenakan lendir menumpuk di bagian belakang tenggorokan ketika Anda terlentang, sehingga memicu batuk secara terus-menerus.

Gejala batuk berdahak juga akan terasa lebih mengganggu ketika bangun tidur dan berbicara. Untuk itu, segera lakukan tindakan untuk mengatasi batuk berdahak dengan beberapa cara di bawah ini. Sebagian juga bermanfaat untuk mengurangi lendir menumpuk di tenggorokan, sehingga keinginan batuk jadi berkurang.

Baca juga: Resep Olahan Timun yang Segar dan Menyehatkan

Berikut cara mengatasi batuk berdahak, dengan cara :

  1. Berkumur dengan air garam

Mengatasi batuk berdahak satu ini merupakan cara yang mudah dan dapat dilakukan di rumah. Berkumur dengan air garam membantu meringankan batuk berdahak dengan cara mengurangi jumlah lendir yang menumpuk di belakang tenggorokan Anda.

Anda dapat mencari cara membuat air garam ini sendiri. Berdasarkan anjuran dari American Dental Association, rekomendasi campuran air garam adalah setengah sendok makan garam dan 30 mililiter air hangat.

Agar manfaat dari air garam dapat cepat terasa, disarankan untuk berkumur beberapa kali dalam sehari sehingga dahak dapat berkurang.

  1. Ekspektoran dan mukolitik

Ekspektoran dan mukolitik adalah obat yang dapat mengencerkan dahak atau lendir. Sehingga Anda dapat lebih mudah mengeluarkan lendir saat batuk.

Obat ini ampuh dan sangat cocok digunakan bagi Anda yang mengalami batuk, tetapi kesulitan untuk mengeluarkan dahak. Selain itu, pilih obat batuk berdahak yang memiliki kelebihan lain dan aman seperti yang tidak mengandung alkohol dan bebas gula, sehingga aman untuk dikonsumsi.

  1. Menggunakan alat pelembap udara

Air humidifier atau alat pelembap udara dapat membantu Anda menghindari menghirup udara kering. Udara kering dapat menyebabkan batuk lebih parah terutama ketika malam hari yang membuat tenggorokan secara alami menjadi lebih kering. Tenggorokan kering lebih rentan mengalami iritasi dan peradangan.

source: hellosehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Apotek Pulowatu support by PT. PMI

Telepon Kami       (0274) 896 014