Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Akupresur telah sejak lama dimanfaatkan sebagai metode alami mengatasi nyeri, termasuk untuk meredakan sakit gigi. Tekanan pada titik akupresur tubuh Anda diyakini dapat melancarkan aliran darah dan membuat otot sekitar mulut lebih rileks sehingga sakit gigi berangsur hilang. Lalu, titik mana saja yang perlu Anda tekan?

Terdapat lebih dari 400 titik akupresur pada tubuh Anda dan setiap titik memiliki fungsi tersendiri. Titik akupresur untuk mengatasi masalah gigi tersebar pada tangan, leher, pundak, hingga area lutut.

Berikut adalah beberapa titik yang dapat membantu mengatasi sakit gigi serta keluhan lain yang kerap menyertainya:

1. Titik usus halus 18 (SI18)

Titik SI18 adalah titik akupresur yang paling banyak digunakan untuk mengatasi nyeri akibat sakit gigi, gusi bengkak, dan gigi berlubang. Titik ini terletak di bagian bawah kedua tulang pipi, tepat di bawah ujung mata, dan sejajar dengan bagian bawah hidung Anda.

Untuk mengaktifkan titik SI18, tekan keduanya menggunakan telunjuk dan jari tengah Anda selama satu menit. Selama menekan titik ini, tarik napas Anda dalam-dalam dan embuskan secara perlahan.

2. Titik perut 6 (ST6)

Titik ST6 biasanya digunakan untuk mengurangi nyeri pada mulut atau akibat penyakit yang berkaitan dengan gigi. Coba tempelkan gigi atas dan bawah Anda, titik ini adalah tonjolan yang terletak di tengah antara ujung bibir dan bagian bawah daun telinga Anda.

Guna mengatasi sakit gigi, tekan titik akupresur ini menggunakan ibu jari Anda selama satu menit. Kemudian, ulangi beberapa kali sesuai kebutuhan atau hingga nyeri berkurang. Jangan lupa menarik napas dalam-dalam selama menekan titik ini.

Baca juga : Gejala dan Penyebab Jerawat Batu

3. Titik kantong empedu (GB21)

Titik kantong empedu sering digunakan untuk mengatasi nyeri pada kepala, wajah, dan leher. Melansir UCLA Center for East-West Medicine, tekanan pada titik GB21 juga berguna untuk mengatasi berbagai keluhan pada pundak dan leher.

Berbeda dengan namanya, titik GB21 tidak terletak di dekat kantong empedu. Titik ini terletak di tengah pundak agak ke belakang. Cubit bagian tengah pundak Anda dengan ibu jari dan telunjuk, lalu pijat titik tersebut menggunakan jari tengah selama 4-5 detik.

4. Titik usus besar 4 (LI4)

Titik akupresur yang satu ini disinyalir mampu meredakan peradangan sehingga sakit gigi berangsur hilang. Tekanan pada titik LI4 juga bermanfaat untuk mengurangi stres, sakit kepala, serta nyeri pada area di atas leher Anda.

Anda bisa menemukan titik LI4 dengan menempelkan ibu jari ke ruas kedua telunjuk. Titik ini terletak pada pertemuan antara ibu jari dan telunjuk Anda. Untuk meredakan sakit gigi, tekan titik ini dengan lembut dan pijat selama 4-5 detik sambil menarik napas.

5. Titik perut 36 (ST36)

Titik ST36 cukup sering digunakan untuk meredakan sakit gigi, mual, stres, serta rasa lelah. Anda bisa menemukan titik ST36 dengan menempelkan telapak tangan pada tempurung lutut. Titik ini terletak pada jari kelingking.

Untuk mengurangi sakit gigi, berikan tekanan lembut pada titik akupresur yang satu ini. Kemudian, pijat titik tersebut menggunakan jari Anda. Arahkah pijatan ke bawah menuju bagian luar tulang kering.

Akupresur cukup berguna untuk meredakan sakit gigi yang menyiksa. Cukup dengan menekan beberapa titik pada tubuh, Anda bisa meredakan nyeri pada gigi, gusi, dan mulut meski hanya sementara.

Walau demikian, akupresur tidak dapat menggantikan manfaat pemeriksaan langsung oleh dokter gigi. Pastikan Anda rutin berkunjung ke dokter gigi untuk mengatasi sakit gigi hingga tuntas agar tidak kambuh lagi.

source: hellosehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Apotek Pulowatu support by PT. PMI

Telepon Kami       (0274) 896 014