Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami
Deddy Cobuzier Mengalami Disleksia

Sejak jadi mualaf Deddy Corbuzier berusaha semakin banyak mengamalkan ajaran Islam salah satunya dengan belajar iqra untuk bisa membaca Alquran. Deddy Corbuzier mengaku agak kesulitan karena kondisi disleksia yang diidapnya.

“Ini jadi masalah ya saya itu usia 43 tahun dengan disleksia. Disleksia itu belajar baca aja waktu kecil setengah mati. Jadi ini suatu perjuangan tapi menarik dilakukan,” kata Deddy Corbuzier di kanal Youtube-nya.

Disleksia sendiri adalah gangguan pada kemampuan bahasa akibat ada perbedaan proses berpikir di otak. Beberapa penelitian menyebut kondisi ini bisa disebabkan karena faktor genetik keturunan dan hal-hal lain yang belum diketahui.

Baca Juga: Penyebab Terjadinya Silent Stroke

dr Kristiantini Dewi, SpA dari Asosiasi Disleksia Indonesia (ADI) menjelaskan pada orang umumnya ketika melihat simbol dan lambang maka ada bagian-bagian spesifik otak kiri bekerja dan mengolah informasi. Namun pada orang dengan disleksia bagian otak yang digunakan berbeda.

“Pada orang disleksia gimana? Mereka menggunakan otak juga sebelah kiri tapi bukan area yang biasa digunakan sehingga tentu untuk menganalisa bahasa dia butuh waktu lebih lama. Sebagian orang disleksia bahkan mengaktifkan juga otak sebelah kanannya untuk memecahkan simbol atau lambang,” ungkap dr Tian beberapa waktu lalu.

Disleksia mungkin bisa membuat seseorang jadi lebih lambat belajar, namun demikian bukan berarti pengidapnya pasti bodoh.

“Hal ini terjadi pada orang dengan tingkat intelgensia yang normal malah pada beberapa kasus pada orang pintar. Contoh seperti Albert Einstein atau Steven Spielberg. Jadi disleksia itu muncul pada orang normal bahkan cerdas tapi mereka memang kesulitan untuk berbahasa,” kata dr Tian.

Baca Juga: Penjelasan Kenapa Kaki Sering Kesemutan Pada Toilet Jongkok

source: health.detik.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - Apotek Pulowatu support by PT. PMI

Telepon Kami       (0274) 896 014