Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami
Manfaat bawang Putih Untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Jika bawang putih hanya ada dalam rutinitas memasak mu, segera masukkan bawang putih ke dalam rutinitasmu menjaga kesehatan.

Dimakan langsung atau diolah menjadi sesuatu, bisa menjadi cara untuk memperoleh benefit dari senyawa yang terkandung di dalam bawang putih untuk kesehatan.

Berikut ini beberapa fakta kesehatan tentangnya!

1. Kenapa ya bau bawang khas sekali? baunya nempel di tangan

Ternyata ada zat Alliin yang terkandung di dalam bawang putih. Menurut artikel dari Cancer Chemoprevention Research Center (CCRC) Farmasi UGM zat ini yang menjadikan bawang memiliki rasa dan aroma khas bawang putih.

Baca juga : Manfaat Air Tebu Untuk Kesehatan

Merasa masalah dengan baunya? Hmm, baunya masih kalah besar dengan manfaatnya lho. Alliin ini akan teroksidasi menjadi Allisin saat bawang putih di potong atau diremas. Allisinkemudian menjadi salah satu zat yang dikandung bawang putih, yang berperan penting dalam berbagai anti gangguan kesehatan.

2. Anti kanker

Pada penelitian Udhi E. Hernawan dan Ahmad D. Setyawan dalam Jurnal Biofarmasi UNS Surakarta disebutkan bahwa Allisin adalah salah satu dari sekian senyawa organosulfur  pada bawang putih yang memiliki aktivitas anti kanker.

Aktivitas anti kanker bawang putih adalah apoptosis, yang menyebabkan kematian sel dan anti poliferasi, yang menghambat pertumbuhan sel kanker.

3. Punya sifat anti bakteri yang bisa diandalkan

Tak hanya anti kanker, dalam beberapa jurnal juga disebutkan bahwa zat Alliin merupakan zat yang berpotensi sebagai anti bakteri. Salah satu bakteri yang dapat dihambat pertumbuhannya oleh bawang putih adalah Eschercia coli.

4. Sebagai anti oksidan yang sangat ampuh

Penelitian Udhi dan Ahmad dalam Jurnal Biofarmasi UNS Surakarta juga menyebutkan bahwa Allisin lah yang menjadi anti oksidan utama dalam umbi bawang putih.

Wah, di balik baun itu ternyata menunjukkan manfaat yang luar biasa ya…

Baca juga : Bahayanya Kecanduan Mie Instan

5. Dimakan mentah 10 gram perhari dapat menjadi anti kolesterol

Dikutip dari laman Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Postgraduated Medicinemenemukan bahwa responden yang memakan 10 gram bawang putih mentah selama dua bulan berturut-turut mampu menurunkan kadar kolestrerol yang cukup banyak.

Selain itu, makan bawang putih secara rutin juga mampu mencegah pembentukan plak pada arteri koroner yaitu pembuluh darah yang memompa darah ke jantung.

Source : idntimes.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2021 - Apotek Pulowatu support by PT. PMI

Telepon Kami       (0274) 896 014