Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Awas, Sering Baca Hoaks Picu Depresi

Umumnya hoaks memang merugikan, Hoaks dalam bidang politik misalnya, dapat merusak keharmonisan dalam masyarakat. Dalam bidang kesehatan juga demikian, sering kali menyesatkan. Tak hanya itu, hoaks pun dapat berakibat buruk untuk kesehatan jiwa Anda.

Berbagai penelitian ilmiah telah dilakukan oleh para pakar untuk melihat efek dari membaca hoaks atau berita sensasional terhadap aktivitas otak. Ada dua pemeriksaan yang dilakukan untuk mengevaluasi hal tersebut, yaitu pemeriksaan Magnetic Resonance Imaging (MRI) dan Quantitative Electroencephalograms (QEEGs). Saat membaca hoaks, tampak peningkatan aktivitas di area amigdala di otak dalam pemeriksaan MRI. Regio amigdala tersebut bertanggung jawab untuk identitas diri dan pengaturan berbagai emosi.

Sementara pada pemeriksaan QEEGs terhadap pembaca hoaks, tampak peningkatan aktivitas di area amigdala dan prafrontal. Hal tersebut menyebabkan pembacanya merasa marah, kecewa, takut, dan tersudut. Berbagai emosi ini dapat menetap hingga beberapa lama.

Bila orang tersebut terus-menerus mengisi pikirannya dengan berita hoaks, emosi negatif tersebut dapat berujung pada gangguan mental seperti depresi. Rasa marah atau kecewa yang berlarut-larut dapat berakhir pada depresi dimana penderitanya merasa dirinya tidak berguna, tidak lagi bersemangat melakukan aktivitas sehari-hari, dan cenderung menyendiri.

source: klikdokter.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2021 - Apotek Pulowatu support by PT. PMI

Telepon Kami       (0274) 896 014